Senin, 26 Maret 2012

Beberapa Macam E-Commerce


E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 dan mulai tumbuh dengan pesat Tahun 1998. Pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk di dalamnya antara lain :
1. Menyediakan harga kompetitif;
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah;
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas;
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa; dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian;
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan; serta
7. Mempermudah kegiatan perdagangan.

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Berikut definisi dari contoh-contoh e-commerce yaitu  :

B2B ( Business to Bussiness )
Bisnis ke Bisnis (B2B)
Transaksi B2B e-commerce adalah sebuah transaksi yang melibatkan dua pihak yang sama-sama organisasi atau pelaku bisnis seperti, produsen, pedagang, pengecer dan sejenisnya.
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
* Disebut juga transaksi antar perusahaan
* Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
* Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis
keterangan :
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.

Beberapa contoh dari B2B antara lain :
Android (sistem operasi)
Google bekerjasama dengan Android Inc, perusahaan yang berada di Palo Alto,California Amerika Serikat. Di perusahaan Google, tim yang bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.

GOOGLE TV
Adalah bentuk kerjasama google dengan perusahaan tv diantaranya adalah CNBC NBC Universal HBO Time Warner dan juga Amazon.Google dikabarkan telah menandatangani kontrak kerjasama dengan beberapa perusahan media serta internet guna memasok konten layanan TV digital besutan Google tersebut. GOOGLE TV adalah Layanan TV digital berbasis android Teknologi bernama Google TV ini mengusung konsep streaming TV berbasis web, termasuk kemampuann aplikasi penjelajah web, dengan TV ukuran besar yang siap dinikmati di ruang keluarga. Selain itu, perangkat Google TV juga terhubung secara langsung dengan pesawat televisi dan perangkat lain seperti pemutar Blu ray.

GOOGLE Earth
Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer , dan merupakan salah satu bentuk kerjasama google dengan perusahaan raksasa antariksa yaitu NASA, meluncurkan produknya yaitu GOOGLE earth. Layanan baru dari Google Earth yaitu kita bisa melihat luar angkasa dengan jelas “Google Sky“, proyek ini hasil kerjasama Google dengan NASA/Space Telescope Institute Sloan Digital Sky Survey Digital Sky Survey Consortium.

Kerjasama Dengan CIC
Baru-baru ini google melakukan kerjasama dengan Committee on Institutional Cooperation (CIC) yang menaungi pustaka universitas dan beranggotakan beberapa perwakilan universitas besar di Amerika Serikat, dikabarkan baru saja telah berhasil melakukan scan terhadap satu juta pustaka buku universitas yang selanjutnya dibuatkan bentuk digitalnya agar dapat dengan mudah tersedia dan diakses oleh semua orang di dunia. Seperti yang diketahui bersama, pihak Google sendiri telah berupaya keras untuk membuat salinan digital yang berasal dari setiap buku di dunia. Dan untuk mewujudkan dan menyukseskannya, pihak Google telah melakukan mitra kerjasama dengan berbagai kalangan penerbit, perpustakaan dan kini pihak perguruan tinggi. Sejauh ini kabarnya Google telah berhasil melakukan scan terhadap jutaan buku dan perjalanan panjang di depan pun tampaknya telah siap menanti.
Selain itu Google Dan CIA Bekerjasama Memonitoring Web Untuk Masa Depan, bekerjasama dengan kepolisian setiap negara untuk memberantas cybercrime. karena semakin maraknya e-commerce maka kejahatan yang kemungkinan terjadi di internet pun semakin meningkat
Perusahaan yang berkerja sama dengan google sangatlah banyak, bisa di bayangkan search engine no 1 di dunia yang selalu mengeluarkan inovasi yang tentu saja seperti ebay, amazon, sangat berminat bekerjasama dengan google untuk memperkenalkan produknya ke seluruh dunia melalui search engine tersebut. Di indonesia sendiri google melakukan kerjasama melalui google maps yang bekerjasama dengan dua konten lokal di indonesia yaitu Urbanesia dan LewatMana. teknologi ini menggunakan Google Maps API di dalam situs mereka guna menunjukkan lokasi tempat atau keadaan lalu lintas. Direktori tempat dan hasil pantauan kamera lalu lintas itulah yang kemudian ditampilkan pada Google Maps Indonesia.

Dinamakan Business-to-Business (B2B) karena transaksi yang dilakukan melibatkan 2 buah perusahaan yang saling menguntungkan. Contoh  transaksi IOS (Inter Organizational System) dan transaksi pasar elektronik (electronic market transactions) antar organisasi. Tipe-tipe IOS antara lain berupa EDI, extranets, electronic funds transfer, electronic forms, integrated messaging, shared databases, dan supply chain management. Hingga saat ini tipe B2B adalah yang paling dominan dalam praktek e-business.

B2C (Bussines to Consument )
Business ke Konsumen (B2C)
B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. Pengertian lain dari B2C yaitu : Transaksi antara penjual, produsen dengan konsumen pemakai produk. Bisnis ke konsumen merupakan  perdagangan elektronik dari bisnis ke konsumen. Ini biasa dikenal sebagai B2C di seluruh Internet. Internet konsultan pemasaran dapat ditemukan untuk bidang bisnis ke bisnis melalui halaman kuning online, direktori, dan sejumlah besar bisnis lainnya untuk sumber daya konsumen.

Kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
* Disebut dengan transaksi pasar.
* Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi.
* Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment.
* Memintaagar barang dikirimkan.
Dalam industri B2C bisnis-ke-konsumen, ada banyak informasi untuk membantu Anda dan bisnis Anda. Konsultan pemasaran Internet berguna untuk membantu Anda memanfaatkan sumber daya B2C untuk pemasaran, penjualan, periklanan, dan E-commerce. Ada Universitas yang menawarkan pelatihan untuk konsultan pemasaran Internet, dan sekarang mengajar kursus di usaha baik untuk konsumen dan bisnis untuk perusahaan konsumen selain e-commerce.
Artikel baik worded Banyak dari konsultan pemasaran internet dari bisnis untuk dunia konsumen dapat dalam majalah B2C. Ini dapat menjadi sumber yang bagus untuk perusahaan Anda bersama dengan bisnis lain untuk sumber daya konsumen. Banyak perusahaan menawarkan sebuah tim yang sangat sukses konsultan pemasaran Internet B2C memegang pengalaman pascasarjana dan identitasnya sebagai konsultan pemasaran Internet. Kebanyakan setiap perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari strategi pemasaran Internet dan pengalaman mereka. Bisnis untuk konsultan pemasaran konsumen Internet nasihat tentang layanan seperti Email marketing, program afiliasi, pemasaran mesin pencari, dan search engine optimization untuk beberapa nama.

Manfaat B2C :
B2C Pemasaran Konsultan
Seorang konsultan pemasaran Internet yang baik B2C dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan Anda dengan memproduksi lebih banyak mengarah ke departemen penjualan Anda dan membantu pelanggan drive yang lebih potensial ke situs web Anda. Sebuah bisnis untuk konsumen konsultan pemasaran Internet
dapat membantu Anda membawa organisasi Anda up to date pada kampanye pemasaran terbaru dan paling efektif untuk industri individu.
Seorang konsultan pemasaran Internet B2C selain membantu Anda dengan kebutuhan pemasaran Internet, biasanya bekerja dengan para ahli desain yang juga dapat membantu Anda dengan desain situs web Anda dan desain iklan pemasaran Anda. Konsultan pemasaran Internet B2C mengkhususkan diri dalam membantu usaha kecil dengan layanan pemasaran internet strategis yang dapat meningkatkan hasil yang dihasilkan oleh situs web mereka. Bisnis ke konsumen e-commerce menyediakan bisnis kecil dengan alat yang mereka butuhkan untuk berhasil dengan bisnis mereka di Internet.

B2C Marketing Tools & Layanan
Alat dan layanan yang tersedia untuk membantu dalam banyak bidang bisnis yang luas di Internet. Perusahaan-perusahaan menawarkan layanan banyak dan kadang-kadang pilihan yang luar biasa. Ini adalah salah satu alasan penting untuk menemukan seorang konsultan pemasaran Internet yang baik. Kebanyakan direktori lokal akan dapat memberikan daftar konsultan pemasaran internet terkemuka di samping orang-orang yang dapat ditemukan di Internet dan melalui B2C.
Seorang konsultan internet marketing yang baik adalah yang paling dari sekedar penghibur pemasaran dari adalah strategi pemasaran Internet. Catatan dari layanan mereka bisa sangat lama, hampir tak terbatas, dan juga komprehensif di bidang keahlian, dan apa yang mereka dapat membantu perusahaan dengan.
Perusahaan B2C mengijinkan bisnis dari semua ukuran untuk dapat terhubung berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis dengan konsumen lebih lancar. Melalui layanan B2C, perusahaan dapat menjual online dengan jauh lebih mudah, pelanggan faktur, dan melakukan transfer elektronik dari konsumen.

Beberapa contoh dari B2C antara lain :
Google Checkout
Pengguna internet yang bebelanja di internet tidak lagi harus menggunakan kartu kredit untuk di debit oleh toko online. sama seperti payment processor lainnya seperti paypal, alertpay, neteller maupun libertyreserve. google checkout menawarkan kemudahan berbelanja dan tidak diharuskan lagi menunjukan ataupun memasukkan kartu kredit pada toko online yang memiliki resiko besar. dengan adanya google checkout ini maka googlepun bekerja sama dengan banyak toko online mulai dari yang berskala kecil hinggi worldwide online shop yang menerima pembayaran melalui google checkout ini. Fasilitas Google Checkout ini gratis untuk para Customer, Untuk Merchant akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2% dari harga barang ditambah 20 sen untuk setiap transaksi penjualan. Namun Google juga memberikan diskon khusus bagi Merchant yang menggunakan fasilitas Google Adword. Untuk setiap biaya iklan perbulan yang dikeluarkan pihak merchant pada Google Adwords, Pihak Google akan memproses $10 penjualan pada merchant tanpa dikenakan biaya tambahan.
Tapi dari situ Google tak menghasilkan uang sepeser pun, hingga mereka mulai melelang ruang iklan yang ditampilkan di sisi kanan jendela hasil pencariannya. Kini iklan menyumbang 99 persen dari seluruh pendapatan Google.
Ya, di bidang advertising adalah awal mula kesuksesan google. riset menunjukkan, metodologi lelang Google — AdWord yang diciptakan secara internal itu sangat penting untuk kesuksesannya. Ini jauh lebih inovatif dari yang ahli-ahli lelang percayai selama ini. kerjasama dengan perusahaan , online store. serta pelaku bisnis di internet yang memasang iklan mereka dan kemudian google membuatnya terkenal.
Selain contoh diatas ada transaksi ritel dengan pembeli individual Contohnya antara lain www.amazon.com, www.barnesandnoble.com, www.elexmedia.co.id, htttp://commerce.i -2.co.id/dagadu, www.togamas.com, dan www.indonesiancd.com
Tukang bakso online
 Tukang ojek online

Dinamakan B2C (Business to Consumer) karena transaksi yang dilakukan berupa transaksi bisnis dari perseorangan maupun kelompok pengusaha/pedagang  dalam hal perkenalan produk, kinerja, bergerak di bidang apa, serta masih banyak lagi. Pokoknya dibuat semenarik mungkin untuk menarik pelanggan/konsumen.

B2G (Business 2 Government)

Bisnis ke/dengan Pemerintah. Di Internet, B2G adalah bisnis-ke-pemerintah (variasi dari istilah B2B atau Business to Business), konsep bahwa bisnis dan lembaga pemerintah dapat menggunakan situs web pusat untuk bertukar informasi dan melakukan bisnis dengan satu sama lain lebih efisien daripada mereka biasanya bisa dari Web. Sebagai contoh, sebuah situs Web yang menawarkan layanan B2G bisa menyediakan bisnis dengan satu tempat untuk mencari aplikasi dan formulir pajak untuk satu atau lebih tingkat pemerintahan (kota, negara bagian atau provinsi, negara, dan sebagainya); memberikan kemampuan untuk mengirimkan diisi -formulir dan pembayaran; memperbarui informasi perusahaan; permintaan jawaban atas pertanyaan tertentu, dan sebagainya. B2G juga termasuk e-procurement jasa, di mana bisnis belajar tentang kebutuhan membeli lembaga dan tanggapan permintaan lembaga proposal. B2G juga dapat mendukung gagasan sebuah tempat kerja virtual di mana bisnis dan agen bisa mengkoordinasikan pekerjaan pada sebuah proyek kontrak dengan berbagi situs umum untuk mengkoordinasikan pertemuan online, rencana review, dan mengelola kemajuan. B2G juga dapat mencakup sewa aplikasi online dan database yang dirancang khusus untuk digunakan oleh instansi pemerintah.

Menurut Gartner Group, B2G pendapatan diharapkan tumbuh dari $ 1,5 miliar pada 2000 menjadi $ 6,2 miliar pada 2005. B2G kadang-kadang disebut e-government.
Pengertian lain : B2 Governance adalah pemakaian Aplikasi Internet pada lingkungan pemerintahan yang dikenal dengan e-government.
kegagalan e-government di sejumlah negara yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: ketidaksiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana teknologi informasi, serta kurangnya perhatian dari pihak-pihak yang terlibat langsung.
B2 Governance adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparan dan
memuaskan kepada masyarakat. Semua organisasi pemerintahan akan terpengaruh oleh
perkembangan e-government ini. E-government dapatlah digolongkan dalam empat tingkatan.
Tingkat pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melalui website. Tingkat kedua
adalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melaui e-mail. Tingkat ketiga
adalah masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara
timbal balik. Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian data base bersama.

TUJUAN B2 Governance
• Pembentukan jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yangberkualitas, cepat, dan terjangkaumasyarakatluas.
• Pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.
• Pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan lembaga-lembaga negara serta penyediaan fasilitas dialog publik.
• Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien.

Pengembangan e-government disuatu lembaga pemerintah, dilandasi oleh 4 (empat) infrastruktur utama, meliputi:
• Suprastrukture-government yang memuatantaralain e-leadership, sdmdanperaturan;Infrastrukturjaringanyangmemuatantara lainprotokolkomunikasi, topologi, teknologidan keamanan.
• Infrastrukturinformasiyang memuatantaralain strukturdata, format data, data sharing, dansistempengamanannya.
• Infrastrukturaplikasiyang memuatantaralain aplikasilayananpublik, aplikasiantarmuka(interface), danaplikasiback office.

Kerangka Arsitektur B2G :
1. Aksesjaringan
2. Portal pelayanan publik.
3. Organisasi pengelolaan dan pengolahan informasi.
4. Infrastruktur dan aplikasi dasar.

Strategi Pengembangan B2G :
1. Mengembangkan sistem pelayanan yang andal dan terpercaya, serta terjangkau oleh masyarakat luas.
2. Menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secara holistik.
3. Memanfaatkan teknologi informasi secara optimal.
4. Meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi.
5. Mengembangkan kapasitas SDM baik pada pemerintah maupun pemerintah daerah otonom, disertai dengan meningkatkan e-literacymasyarakat.
6. Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan-tahapan yang realistik dan terukur.

Beberapa contoh dari B2G antara lain :
Pada intinya B2G adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship).
B2G ini dapat diimplementasikan dalam berbagai cara. Contoh-contohnya antara lain:
• Penyediaan sumber informasi, khususnya informasi yang sering dicari oleh masyarakat. Informasi ini dapat diperoleh langsung dari tempat kantor pemerintahan, dari kios info (info kiosk), ataupun dari Internet (yang dapat diakses oleh masyarakat dimana pun dia berada). Informasi ini dapat berupa informasi potensi daerah sehingga calon investor dapat mengetahui potensi tersebut. Tahukah anda berapa pendapatan daerah anda? Komoditas apa yang paling utama? Bagaimana kualitas Sumber Daya Manusia di daerah anda? Berapa jumlah perguruan tinggi di daerah anda? Di era otonomi daerah, fungsi penyedia sumber informasi ini dapat menjadi penentu keberhasilan.
• Penyediaan mekanisme akses melalui kios informasi yang tersedia di kantor pemerintahan dan juga di tempat umum. Usaha penyediaan akses ini dilakukan untuk menjamin kesetaraan kesempatan untuk mendapatkan informasi.
• E-procurement dimana pemerintah dapat melakukan tender secara on-line dan transparan.

E-Government ini membawa banyak manfaat, antara lain:
• Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
• Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari kesemua pihak.
• Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolahan (jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya) dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
• Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui email atau bahkan video conferencing. Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama.

Kementerian Kominfo
B2 Governance (kominfo) adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

World Bank
E-government (world bank) adalah penggunaan teknologi informasi oleh kantor-kantor pemerintahan untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, dunia usaha dan untuk memfasilitasi kerjasama antar insitusi pemerintah.
Contohnya  : www.pln.co.id, www.kemensos.com, www.kotakupang.com, www.nusatenggaratimur.com, dan masih banyak lagi situs-situs yang terkait.

Dinamakan B2G(Business to Governance)  karena transaksi yang dilakukan berupa transaksi bisnis dari pemerintah dalam hal perkenalan profil, kinerja, bergerak di bidang apa, serta masih banyak lagi. Pokoknya dibuat semenarik mungkin.

1 komentar: