Senin, 04 Maret 2013

Beberapa Bagian Data Mining


Penggalian data (bahasa Inggris: data mining) adalah ekstraksi pola yang menarik dari data dalam jumlah besar. Suatu pola dikatakan menarik apabila pola tersebut tidak sepele, implisit, tidak diketahui sebelumnya, dan berguna. Pola yang disajikan haruslah mudah dipahami, berlaku untuk data yang akan diprediksi dengan derajat kepastian tertentu, berguna, dan baru. Penggalian data memiliki beberapa nama alternatif, meskipun definisi eksaknya berbeda, seperti KDD (knowledge discovery in database), analisis pola, arkeologi data, pemanenan informasi, dan intelegensia bisnis. Penggalian data diperlukan saat data yang tersedia terlalu banyak (misalnya data yang diperoleh dari sistem basis data perusahaan, e-commerce, data saham, dan data bio informatika), tapi tidak tahu pola apa yang bisa didapatkan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Penggalian_data)

Penggalian data atau data mining di bagi menjadi beberapa bagian, yaitu : data mining, teks mining dan web mining.
Berikut pengertiannya menurut pemahaman saya.
  1. Data Mining, merupakan suatu proses analisa dalam penggalian data-data yang belum diketahui maupun yang sudah diketahui.
    • Dalam penggalian data ini, para pakar atau ilmuwan mencoba untuk memahami konsep-konsep yang ada dalam suatu data maupun data-data yang ingin ditemukan solusi permasalahannya.
  2. Teks Mining, merupakan suatu proses analisa penggalian data-data yang masih berupa teks.
    • Dalam suatu teks mining, data-data yang ada dalam suatu database masih berupa data mentah. Data-data tersebut diperoleh secara manual dari sumber yang ada dan bahkan data-data yang di dapat kadang perlu waktu yang agak lama.
  3. Web Mining, merupakan suatu proses penggalian data, yang mana data-data tersebut tersimpan dalam suatu database server dalam sebuah website atau world wide web.
    • Dalam web mining, data-data yang ada sudah tersimpan dalam suatu database yang sangat besar. Web mining ini sudah bisa diakses ke dalam teknologi penyimpanan komputer. Dalam web mining ini sudah hampir sempurna karena di dukung oleh berbagai fitur seperti audio, visual serta gabungan keduanya yaitu audio visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar